May 8, 2017

RIVEST

Nama Produk : RIVEST (Your Smart Driving System)

Deskripsi          :

Rivest adalah sistem untuk mendukung keselamatan berkendara secara komprehensif berbasis Internet of Things (IoT). Sistem ini terdiri dari 3 bagian utama yakni bagian perangkat (Rivest devices), bagian cloud untuk menyimpan data dan melakukan analisis, serta bagian aplikasi Android Kami mulai membuat produk Rivest sejak November 2016 sampai sekarang. Produk kami sudah jadi dan terus kami kembangkan beberapa fitur dan kecerdasannya. Diagram blok dan foto produk seperti berikut ini :

Rivest devices      : Merupakan perangkat yang tersedia dalam 2 model, yakni dalam bentuk portable smart button dan pada rompi/jaket (wearable). Secara prinsip kerja kedua tipe ini relatif sama, baik Portable smart button juga rompi akan berfungsi sebagai alat bantu keselamatan bagi pengendara. Kedua alat ini dilengkapi dengan mikrokontroler, chip wifi , sensor accelerometer dan gyroscope , GPS serta baterei yang dapat diisi ulang. Portable smart button dapat ditempatkan di area yang aman dan mudah digunakan oleh pengendara. Alat akan berfungsi jika pengguna sudah mengaktivasinya menggunakan aplikasi android. Ketika digunakan dalam perjalanan dan pengguna menekan tombol darurat, maka sistem akan mereposnya lalu mengirimkan data pengguna, lokasi kejadian, data kendaraan, dan waktu kejadian kepada pos polisi terdekat dan polisi yang sedang patroli. Sistem juga dapat mengirimkan pesan singkat kepada kerabat terdekat perihal kejadian tersebut. Khusus bagi pengguna rompi, sistem akan mendeteksi posisi duduk pengguna selama berkendara untuk memastikan apakah pengguna masih pada posisi sewajarnya atau terjatuh. Jika dipastikan pengguna terjatuh pada kondisi sedang berkendara, maka sistem akan melakukan cara yang sama, yakni melaporkan data pengguna, kendaraan dan seterusnya sebagai bentuk laporan cepat kepada pihak kepolisian.

Rivest cloud          : Merupakan sub sistem Rivest berbasis web yang terdiri dari bagian front end dan back end pada alamat berikut ini (http://www.myrivest.net). Bagian front end berfungsi sebagai media informasi tim, produk dan kontak bagi mitra atau pembeli. Sedangkan bagian back end berfungsi untuk menyimpan data , yaitu data alat, data pengguna, data mitra, data kejadian kecelakaan, informasi lokasi berbasis peta digital, data pos polisi, data daerah rawan bencana dan kecelakaan, , pengolahan data/data analytic pengguna dan integrasi dengan mobile apps. Hak akses ke Rivest cloud ini terbagi untuk Rivest admin (super user), kepolisian, dinas perhubungan, dan mitra bisnis (tenant).

Rivest mobile apps : Merupakan aplikasi berbasis Android untuk pengguna, yang berfungsi untuk registrasi data pengguna, aktivasi alat, informasi dari kepolisian atau Dishub , info jika terjadi kecelakaan, info daerah rawan bencana atau kecelakaan, nomor darurat kepolisian, Dishub, Jasa Marga, dan ambulans, serta log pengguna. Update data dari cloud akan direspon dalam bentuk push notification , sehingga memudahkan informasi tersampaikan dengan cepat.

Tim                  : Egi Pratama, Rais Naufal Hawari, Ghiffari Ahmad N.

Pembimbing  : Agus Mulyana, M.T.

Prestasi           : Juara 3 IEEE 2016, Finalis Hackaton Jasaraharja 2018, Juara 1 TBIG CreatiON 2018.

Link Website  : http://myrivest.net/

cialis cialis fiyat