2020 Recap untuk Microsoft Build E3



| 07/08/2020

Microsoft mengadakan Build edisi ke-10, konferensi tahunannya yang ditujukan untuk pengembang yang menggunakan teknologi Microsoft. Acara online tersebut mencakup beberapa pengumuman dan rilis penting, seperti ketersediaan umum Blazor WebAssembly, pembaruan pada .NET 5 mendatang, Aplikasi Web Statis Azure, dan proyek baru yang terkait dengan IoT dan Artificial Intelligence.

Build tahun ini sangat berbeda dari edisi sebelumnya. Karena situasi pandemi saat ini, Microsoft memutuskan untuk mengubahnya menjadi acara online yang sepenuhnya gratis untuk semua peserta. Alih-alih pertemuan tiga hari, konferensi online terdiri dari beberapa sesi digital yang dialirkan secara paralel selama 48 jam. Perbedaan lain dari edisi terbarunya adalah sifat sesinya: daripada diimbangi dengan pengumuman produk, ia lebih fokus pada konten berorientasi pengembang.

Konferensi dimulai dengan keynote yang disampaikan oleh CEO Microsoft Satya Nadella, yang membahas situasi COVID-19 dan memuji tanggapan perusahaan teknologi terhadap krisis tersebut. Itu diikuti oleh delapan sesi paralel dengan pengumuman yang terkait dengan Microsoft Azure, .NET, Windows, Office 365, dan GitHub yang baru saja diakuisisi. Program ini juga menampilkan beberapa tutorial pengembangan, sesi Tanya Jawab ahli dengan tim pengembangan yang berbeda dari Microsoft, grup fokus pada berbagai aspek produk Microsoft, dan "Koneksi Komunitas" - sesi yang ditujukan untuk menghubungkan pengembang yang secara geografis berdekatan satu sama lain.

.NET MAUI (kependekan dari Multi-platform App UI) adalah evolusi dari toolkit Xamarin.Forms. Tujuannya adalah untuk menyediakan tumpukan pengembangan seluler tunggal yang mendukung Android, iOS, macOS, dan Windows, mempromosikan "Pengalaman Pengembang Proyek Tunggal": satu proyek yang menargetkan beberapa platform. Ketersediaan umum MAUI .NET ditargetkan hingga November 2021 (dengan .NET 6), tetapi rilis pratinjau dimulai akhir tahun ini.

Ada juga rilis berbeda yang terkait dengan Visual Studio: ML.NET Model Builder sekarang menjadi bagian dari IDE Microsoft, bersama dengan desainer Windows Forms baru untuk .NET Core (keduanya tersedia sebagai fitur pratinjau di Visual Studio 2019 versi 16.6). Rilis terkait lainnya yang relevan adalah dukungan untuk menghubungkan IDE dengan Visual Studio Codespaces (sebelumnya Visual Studio Online), lingkungan pengembangan yang dihosting di cloud Microsoft berdasarkan Visual Studio Code. Fitur baru saat ini tersedia dalam pratinjau pribadi.

Rilis lain yang terkait dengan Microsoft .NET termasuk pratinjau Entity Framework Core 5 dan .NET 5, wawasan tentang C # 9.0 mendatang, dan Project Tye - alat eksperimental yang ditujukan untuk pengembangan layanan mikro berbasis Kubernetes. Yang cukup menarik, tidak ada rilis yang terkait dengan F # 5 (walaupun F # 5 Preview 4 dirilis pada periode yang sama).

Di bidang Microsoft Azure, ada beberapa pengumuman di berbagai bidang. Azure CosmosDB memperoleh beberapa fitur dan kemampuan baru, dan Azure Cosmos DB tanpa server akan tersedia dalam pratinjau dalam beberapa bulan mendatang. Ada juga sesi yang sangat menarik tentang menyempurnakan Pencarian Kognitif Azure dengan Pembelajaran Mesin Azure.

Rilis terkait Azure menarik lainnya adalah pratinjau Azure Quantum (untuk pengembangan komputasi kuantum) dan layanan yang disebut Azure Static Web Apps, yang memungkinkan aplikasi web tumpukan penuh secara otomatis dibuat dan diterapkan ke Azure dari repositori GitHub.

Dalam domain IoT, Microsoft mengumumkan proyek Bonsai dan Moab: Bonsai adalah komponen berbasis pembelajaran mesin yang digunakan untuk membangun, mengoperasikan, dan mengelola sistem otonom. Moab adalah robot penyeimbang 3D yang dapat dicetak dan bersumber terbuka yang dapat digunakan dengan Bonsai untuk mengajari para insinyur cara membangun sistem kontrol otonom dunia nyata.

Salah satu pengumuman terpenting untuk platform Windows adalah Project Reunion - nama resmi untuk upaya berkelanjutan untuk menyatukan desktop Windows dan aplikasi UWP. Idenya adalah untuk memungkinkan pengembang membangun aplikasi "universal" yang dapat berjalan di beberapa perangkat Windows. Pengumuman Project Reunion termasuk pratinjau paket Windows SDK .NET, interop .NET untuk semua Windows WinRT API. Windows Terminal 1.0 dan preview Windows Package Manager juga dirilis, dan beberapa fitur baru untuk Windows Subsystem for Linux (WSL2) generasi berikutnya diumumkan - termasuk dukungan GPU dan kernel Linux built-in yang sebenarnya.

Terakhir, Project Cortex - layanan Microsoft 365 yang menggunakan Artificial Intelligence dan Microsoft Graph untuk membuat jaringan pengetahuan dari sumber data yang berbeda - akan tersedia secara umum di "awal musim panas". Aplikasi produktivitas yang disebut Daftar Microsoft juga akan ditambahkan ke Microsoft 365, dan Visual Studio Code sekarang memiliki ekstensi yang memungkinkan pengembangan alat pihak ketiga untuk Microsoft Teams.

Secara keseluruhan, dapat dikatakan bahwa sesi berkisar pada strategi pengembangan berorientasi platform yang terpadu (yang sejalan dengan upaya terbaru Microsoft dalam ekosistem .NET). Dalam konteks ini, salah satu sesi yang disiarkan ulang selama keseluruhan acara adalah ringkasan dari video 90 menit yang telah direkam sebelumnya di mana Scott Hanselman dan Scott Hunter (keduanya di Microsoft) berbicara tentang keadaan saat ini dan masa depan .NET 5 .

Berita Lainnya