IEEE ELECTRONIC DESIGN CONTEST 2017

Divisi ERG UNIKOM berhasil meraih juara II dan III dalam Kompetisi Indonesia of Electrical and Electronics Engineers Electronic Design Contest (IEEE EDC) 2017. Ajang tahunan yang digelar di Institut Teknologi Bandung (ITB), kali ini mengusung tema “Smart Secure System” dengan dua kategori perlombaan yakni: 1) Embedded System; dan 2) Digital Design.

Juara II IEEE EDC 2017 diraih oleh Tim ERG UNIKOM atas kerjasama Muhammad Aria Rajasa, S.T., M.T, sebagai pembimbing Bersama anggotanya yakni: 1) M. Irfan Avianto (Teknik Komputer); 2) Agung Mulia Natsir (Teknik Komputer); 3) Alam Maghfirah (Teknik Elektro); 4) Bayu Rizqi Chandra P (Teknik Elektro); 5) M. Irfan Bay Haqi (Teknik Informatika); 6) Adidin Aidin Maulana (Teknik Elektro). Sistem “Smart Traffic” yang diciptakanya, bekerja untuk membantu pengaturan lampu lalu lintas secara lebih efektif guna menghindari antrian kendaraan berkepanjangan dan mengurangi kemacetan.

Adapun Tim ERG-Homic yang meraih gelar juara III berasal dari mahasiswa Prodi Teknik Komputer Unikom yang dibimbing oleh Agus Mulyana, S.Kom.,M.T, diantaranya: 1) M.Nur Arifin (Teknik Komputer); 2) Iqbal Syahrul Siddiq (Teknik Komputer); 3) Aditya Fadillah (Teknik Komputer); dan 4) Ilham Akbar Muhammadi (Teknik Komputer). Melalui perangkat ‘Homic’ yang dibuatnya, Tim ERG-Homic berupaya untuk mendukung sistem “Smart Home”, salah satunya menghindari dampak korsleting listrik yang bisa berakibat pada kebakaran.

Mengenai IEEE EDC adalah perlombaan tingkat nasional yang diadakan oleh Kelompok Keahlian Elektronika (ELKA) ITB dan bekerja sama dengan IEEE SSCS Indonesia Chapter. Divisi ERG sendiri telah ikut serta di kompetisi IEEE EDC sejak 2014 dengan berkonsentrasi pada kategori Embedded System atas dasar pertimbangan kesiapan tim dan potensi menjadi pemenang. Hal ini dibuktikan, tahun 2014 Divisi ERG meraih gelar Juara II, tahun 2015 Juara I, tahun 2016 Juara III, dan tahun 2017 meraih gelar juara umum bersama laboratorium digital sistem.

“Saya sangat senang atas pencapaian di IEEE EDC 2017 ini. Namun demikian, tentu banyak yang harus terus dibenahi dari mulai kreativitas, ide, inovasi dan kualitas produk. Harapannya, ERG bukan sekedar dapat mengikuti kompetisi serupa, namun berusaha membuat produk yang relatif siap masuk market dan dapat ditindaklanjuti ke dalam bentuk startup,” ujar Agus selaku Pembimbing dan Ketua Divisi ERG.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *